pengerian saekretaris profesional
A.Pengertian Sekretaris Profesional
Sekretaris
Profesional adalah seorang yang bertugas membantu pimpinan dengan dasar
pengetahuan yang luas dan ketrampilan.Sekretaris Profesional harus ahli dalam
bidangnya masing-masing dan bekerja secara maksimal.Selain itu Sekretaris
Profesional juga mampu membedakan antara kepentingan pribadi dan kepentingan
perusahaan.
B.Arti Penting Sekretaris Profesional Bagi Sebuah Perusahaan
Kehadiran
seorang Sekretaris Profesional dalam sebuah perusahaan atau kantor akan
mrembawa dampak positif bagi perusahaan.Sekretaris dapat melaksanakan semua
pekerjaannya dengan “Excellent”.Sebagai seorang yang di percaya oleh perusahaan
atau sebagai orang kedua setelah pimpinan ,Sekretaris dapat membantu perusahaan
dalam mencapai tujuan-tujuannya.Sekretaris bisa membantu dalam menjalin relasi
baik dengan rekan kerja atau rekan bisnis pada setiap perusahaan.
C.Tips Menjadi Sekretaris Profesional
1.Memiliki Kepribadian Yang Baik
Seorang Sekretaris yang baik bukan hanya harus
berpenampilan menarik,Tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik.Seorang
sekretaris profesional harus ramah,baik,dan bertanggung jawab pada semua
tugasnya.Bukan hanya baik kepada pimpinan saja,tapi sekretaris juga harus
menunjukan kepribadian yang baik kepada relasi atau rekan sekantor.
2.Memiliki Etika Yang
Baik
Sekretaris juga harus memiliki etika yang baik.Seperti halnya baik dalam
hal bebicara,makan,duduk dan lain sebagainya .Etika yang baik itu harus di
miliki oleh seorang sekretaris karena berkaitan dengan citra perusahaan.
3.Pandai Berbicara Di
Depan Publik
Terkadang
sekretaris diminta untuk menemani
pimpinan untuk melakukan presentasi menggantikan dirinya.Untuk itu,seorang
sekretaris herus bisa belajar berbicara yang baik di depan public atau pada
saat meeting (rapat) perusahaan.
4.Membuat Citra Baik
Untuk Perusahaan
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung
tinggi .Karena sekretaris merupakan
tangan kanan perusahaan ,dirinya harus menampilkan citra perusahaan yang
baik kepada rekan perusahaan dan public.
5.Pandai Menjaga
Rahasia
Seorang sekretaris
terkadang juga diberi kepercayaan oleh pimpinan untuk mengetahui dan menjaga rahasia
perusahaan .Hal tersebut dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan
mengetahui apapun yang dikerjakan oleh pimpinan nya.Untuk itu seorang
sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi
pimpinan nya.
6.Mengerti Teknologi
Seorang sekretaris
bukan hanya pandai memperhatikan penampilan dan berdandan,tapi juga harus
mengerti teknologi.Dengan teknologi tentunya akan dapat memudahkan seseorang sekretaris untuk
mendapatkan informasi,menerima atau mengirim email dan lain sebagainya.
7.Mengerti Accounting
Dan Pembukuan
Sekretaris juga harus
mengerti accounting dan pembukuan.Hal tersebut harus dikuasai agar bisa
melakukan pembukuan kantor.Dengan menguasai hal tersebut tentunya anda bisa menjadi
sekretaris profesional.
8.Harus Bisa Menguasai
Bahasa Asing
Seorang sekretaris
yang menguasai bahasa asing akan menjadi nilai tambahan bagi dirinya.Terkadang
pimpinan meminta sekretaris untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar
negeri.
D.Syarat-Syarat
Menjadi Sekretaris Profesional
Secara profesional,ada
sejumlah syarat seorang sekretaris yang baik.
1.Personality : Seorang sekretaris haruslah
sabar,tekun,disiplin,tidak mudah menyerah,berpenampilan baik,jujur,loyal,pandai
bicara,sopan dan bisa menjaga image perusahaan.
2.General Knowledge :Seorang
sekretaris harus memiliki kemampuan yang memadai terhadap segala sesuatu
perubahan dan perkembangan yang terjadi,terutama yang berkaitan dengan
aktivitas organisasi .
3.Special Knowledge
:Seorang sekretaris harus memiliki pengetahuan khusus yang berkaitan dengan
posisinya sebagai seorang sekretaris.
4.Skill
and Technic : Seorang sekretaris harus memiliki kemampuan
mengetik,korespondensi,stenografi ( yang bukan syarat mutlak ) dan kearsipan.
5.Pratice
:Seorang sekretaris harus mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas
sehari-hari seperti menerima telepon,menerima tamu,menyiapkan rapat,membuat
agenda pimpinan dan lain-lain.
E.Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan dan Dilakukan Oleh
Seorang Sekretaris Profesional
1.Menampilkan Citra
Perusahaan
Citra perusahaan
adalah hal yang harus di junjung tinggi.Karena sekretaris adalah tangan kanan
seorang pimpinan,maka sekretaris juga harus menampilkan citra yang baik bagi
sebuah perusahaan.
2.Baik Dan Bertanggung
Jawab
Seorang sekretaris
haruslah ramah,baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya.
3.Pandai Menjaga
Rahasia
Sebagai orang yang
dipercaya oleh pimpinan,Sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan atau
rahasia yang pribadi pimpinan.
4.Mempelajari Karakter
Pimpinan
Kenalilah karakter
atasan anda tidak salah dalam mengambil dan menentukan keputusan.
Komentar
Posting Komentar